7 Nov 2012

Mengenal lebih dalam tentang BIOS

Sobat Elvis sudah pernah dengar istilah BIOS kan? Nah kali ini kita akan membahas tentang BIOS nih. Basic Input Output System, atau yang biasa kita sebut BIOS adalah tingkatan dasar dari perangkat lunak yang dipasang pada chip komputer, digunakan untuk mengatur komponen komputer secara software atau dengan kata lain disebut dengan istilah jumper less. BIOS mampu melakukan :
  1. Inisialisasi (penyalaan) serta pengujian terhadap perangkat keras (POST), 
  2. Memuat dan menjalankan sistem operasi,
  3. Mengatur beberapa konfigurasi dasar dalam komputer (tanggal, waktu, konfigurasi media penyimpanan, konfigurasi proses booting, kinerja, serta kestabilan komputer),
  4. Membantu sistem operasi dan aplikasi dalam proses pengaturan perangkat keras dengan menggunakan BIOS Runtime Services.
BIOS ada beberapa macam, ada Award BIOS, AMI BIOS, IBM BIOS, Compaq BIOS, AST BIOS dan Phoenix BIOS. Nah dari bermacam - macam BIOS tersebut cara untuk mengaksesnya berbeda - beda. Berikut  ini adalah cara mengakses BIOS :

  • Award BIOS ( Tekan Del atau Ctrl+Alt+Esc )
  • AMI BIOS ( Tekan Del )
  • IBM BIOS ( Tekan F1 )
  • Compaq BIOS ( Tekan F10 )
  • AST BIOS ( Tekan Ctrl+Alt+Esc )
  • Phoenix BIOS ( Tekan F2 )
BIOS juga memiliki kode Beep yang berbeda saat POST. Untuk melihat Code Beep dari bermacam - macam BIOS di atas, silahkan download disini
( Password : elvisone.blogspot.com )

Ditulis Oleh : Unknown // 15.38
Kategori:

0 komentar :

Posting Komentar

 
Elvis
Elvis
Elvis Group. Diberdayakan oleh Blogger.