28 Nov 2012

Mempelajari IP Addres

Hai para visitor Elvis. Hari  ini materi kita adalah IP Address nih. Kata paman Wikipedia, IP Address adalah deretan angka biner antar 32-bit sampai 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk setiap komputer host dalam jaringan Internet. Panjang dari angka biner ini adalah 32-bit untuk IPV4, dan 128-bit untuk IPV6. IP Addres itulah yang menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP.

Protokol yang menjadi standar dan dipakai hampir oleh seluruh komunitas Internet adalah TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Agar komputer bisa berkomunikasi dengan komputer lainnya, maka menurut aturan TCP/IP, komputer tersebut harus memiliki suatu  address yang unik atau berbeda dengan yang lainnya.

Yang terpenting adalah, bahwa untuk berkomunikasi atau berhubungan di dunia internet, setiap komputer harus memiliki IP address yang legal. Legal artinya adalah bahwa alamat tersebut dikenali oleh semua  router di dunia dan diketahui bahwa alamat tersebut tidak ada duplikatnya di tempat lain. IP  address legal biasanya diperoleh dengan menghubungi InterNIC.

Suatu jaringan internal bisa saja menggunakan IP  address sembarang. Namun untuk tersambung ke Internet,  jaringan itu tetap harus menggunakan IP  address  legal. Jika tidak, apa yang terjadi? Jika tidak menggunakan IP  address legal, maka saat sistem kita mengirim paket data ke sistem lain, sistem tujuan itu tidak akan bisa mengembalikan paket data tersebut, sehingga komunikasi tidak akan terjadi.

Oleh karena itu dalam berkomunikasi antar jaringan komputer dibutuhkan  gateway/router sebagai jembatan atau perantara yang menghubungkan antara jaringan yang  satu dengan jaringan yang lain sehingga paket data bisa diantar sampai ke tujuan.

Ditulis Oleh : Unknown // 07.35
Kategori:

0 komentar :

Posting Komentar

 
Elvis
Elvis
Elvis Group. Diberdayakan oleh Blogger.