23 Nov 2012

Mari Berkenalan Dengan Linux

Hey sobat, sudah  pernah dengar istilah LINUX apa belum? Nah hari ini Elvis ingin membahas masalah linux. Mulai  dari pengertian linux, tokoh pembuat linux, keunggulan linux, hingga distro linux. Linux adalah suatu kesatuan software yang saling terintegrasi membentuk sebuah sistem operasi yang cukup handal dan stabil. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan open source dan juga free software. Yang artinya source code linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.

Nama Linux sendiri diturunkan dari pencipta awalnya, yaitu Linus Torvalds. Linus Torvalds lahir pada tanggal 28 Desember 1969 di Helsinki-Finland. Tahun 1991 Torvalds tercatat sebagai mahasiswa ilmu komputer di University of Helsinki, Finland. Di tahun yang sama Torvalds membeli sebuah komputer (PC) dengan MS-DOS sebagai sistem operasinya. Namun Linus Torvalds sendiri lebih menyukai menggunakan operation system (OS) UNIX yang digunakan di departemen ilmu komputer tempat ia menuntut ilmu. Linus Torvalds kemudian membuat base OS (Linux - red) varian UNIX untuk digunakan pada komputer miliknya. Setelah linux (Linus’s MINIX) selesai, Linus Torvalds mengirim email ke internet untuk memberikan informasi bahwa telah tersedia sebuah sistem operasi gratis beserta source codenya.

Linux mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan dengan sistem operasi lainnya. Diantaranya yaitu :
  • Linux/UNIX mendukung struktur file yang bersifat hirarki.
  • Linux/UNIX adalah salah satu sistem operasi multitasking. Maksud dari multitasking adalah  kemampuan dari suatu sistem operasi untuk dapat menjalankan tugas - tugas lebih dari satu yang berbeda secara bersamaan.
  • Selain multitasking, Linux/UNIX juga support multiuser. Artinya Linux/UNIX dapat digunakan oleh lebih dari satu user atau pengguna dalam waktu yang bersamaan.
  • Seperti yang sudah Elvis jelaskan di atas, bahwa Linux merupakan sistem operasi yang open source. Jadi yang ingin beralih ke Linux bisa mendapatkan sistem operasi Linux dengan free.
  • Dalam bidang virus, Linux sangat minim terserang virus dibanding windows, karena virus yang aktif dalam sistem operasi Linux hanya beberapa.
  • Linux/UNIX kebanyakan tidak memerlukan spec hardware yang tinggi.
  • better backward-compatibilty. Jadi perangkat keras dengan usia yang sudah cukup tua masih dapat digunakan dengan sistem operasi Linux.
Sistem operasi open source ini memiliki beberapa distro. seperti : Ubuntu, Linux Mint, Fedora, Debian, OpenSuse, Redhat, Arch Linux dan masih banyak lagi distro linux lainnya. Visitor Elvis dapat melihat daftar distro Linux lainnya beserta informasinya di Distro Watch.

Ditulis Oleh : Unknown // 19.26
Kategori:

0 komentar :

Posting Komentar

 
Elvis
Elvis
Elvis Group. Diberdayakan oleh Blogger.